Selasa, 12 Februari 2019

Contoh Kasus dan Tanggapan Kasus Mata Kuliah Manajemen Keselamatan Pasien

TUgas Mata Kuliah Manajemen Keselamatan Pasien
Tanggal 12 Pebruari 2019
Renanda Nur’afika / P17210184108
1B / D3 Keperawatan Malang

1.      Kasus An. Az, di RS Suka Sehat usia 3 tahun pada tanggal 14 OKtober 2018, pasien dirawat di ruang Melati dengan diagnosa kejang dema. Sesuai instruksi dokter, infus pasien harus diganti dengan infus drip obat penitoin, namun perawat tidak mengikuti operan jaga langsung mengganti infuse oasien tanpa melihat kembali order terapi infus pasien tersebut. Bebera saat kemudian pasien mengalami kejang-kejang, keluarga segera melaporkan kejadian tersebut sehingga infuse segera diganti dengan drip penitoin dan kondisi pasien tidak bertambah parah.
Bagaimana tanggapan Anda tentang kasus tersebut?
(Kerjakan bedasarkan materi Standar Keselamatan Pasien dan kebijakan keselamatan pasien)

Tanggapan Kasus:
PENGEMBANGAN SISTEM PELAPORAN
Pastikan hal tersebut dilaporkan ke Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit untuk ditindak lanjuti.

Dari kasus tersebut untuk kedepannya pastikan perawat berkomunikasi dengan baik sesame perawat dan selalu mengikuti operan jaga agar tidak merugikan bahkan membahayakan keselamatan pasien.




2.      Kasus kedua
Pasien laki-laki, usia 35 tahun meninggal dunia dengan diagnosa akhir DHF (Dengue Hemorrhagic Fever). Pasien tersebut meninggal karena terlambat ke RS Suka Sehat, tim dokter RS tersebut menjelaskan semua prosedur penangan sudah sesuai hanya kondisi pasien saat datang ke RS Suka SEhat sudah buruk, sehingga begitu sampai di RS beberapa saat pasien meninggal. Riwayat sebelum pasien dirawat di RS Mawar, oleh tim dokter di RS tersebut pasien didiagnosa menderita Tiphus sehingga ditangani dengan standar medis penyakit tipus.
Bagaimana tanggapan Anda tentang kasus tersebut?
(Kerjakan bedasarkan materi Langkah-langkah Keselamatan Pasien dan kebijakan keselamatan pasien)
Tanggapan Kasus:
Standar keselamatan pasien tersebut terdiri dari tujuh standar yaitu :
1. Hak pasien
2. Mendidik pasien dan keluarga
3. Keselamatan pasien dan kesinambungan pelayanan
4. Penggunaan metoda-metoda peningkatan kinerja untuk melakukan evaluasi dan program peningkatan keselamatan pasien
5. Peran kepemimpinan dalam meningkatkan keselamatan pasien
6. Mendidik staf tentang keselamatan pasien
7. Komunikasi merupakan kunci bagi staf untuk mencapai keselamatan pasien

Berdasarkan standar keselamatan pasien ,berdasarkan kasus tersebut adalah nomor 7. Komunikasi merupakan kunci bagi staf untuk mencapai keselamatan pasien.
Standarnya adalah terdiri dari : a. Fasilitas pelayanan kesehatan merencanakan dan mendesain proses manajemen informasi keselamatan pasien untuk memenuhi kebutuhan informasi internal dan eksternal. b. Transmisi data dan informasi harus tepat waktu dan akurat.
Kriterianya adalah terdiri dari :
a. Perlu disediakan anggaran untuk merencanakan dan mendesain proses manajemen untuk memperoleh data dan informasi tentang hal-hal terkait dengan keselamatan pasien.
b. Tersedia mekanisme identifikasi masalah dan kendala komunikasi untuk merevisi manajemen informasi yang ada

Seharusnya RS Mawar lebih teliti dalam menentukan diagnosis. Dan untuk RS Suka Sehat seharusnya melakukan pertolongan pertama sesuai gejala dan melihat rekam medik sebelumnya dari RS Mawar dengan teliti apabila ada kejanggalan dalam laporan.

Sumber:  E-Book MANAJEMEN KESELAMATAN PASIEN oleh Tutiani, Lindawati, dan Paula Krisanti


Note:  Jika mengutip harap disertakan sumbernya. Biasakan mengutip jangan menjiplak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Askep Meningitis

CATATAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN IDENTITAS KLIEN                Nama (Initial)                            : Sdr. Sukir Umur    ...