SATUAN ACARA BERMAIN
Topik : Terapi bermain pada anak
usia infant
Kelompok Sasaran : Bayi usia 0-12 bulan
Tanggal/Bln/Th
: 2 September 2019
W a k t u : 09.00
A.
LATAR BELAKANG
An. D umur 1 tahun dirawat
di ruang Edelwis RSUD Dr. Soetomo dengan diagnose medis diare. Setelah
dilakukan pemeriksaan didapatkan data Suhu: 37,5º C, Nadi: 110x/menit, RR:
35x/menit. Setiap dilakukan tindakan keperawatan bayi tampak acuh tidak mencari
sumber suara ataupun melihat perawat saat di ajak bicara. Bayi D juga belum
pernah medapat terapi bermain selama di rumah sakit.
B.
TUJUAN
1)
Tujuan Instruksional Umum :
Setelah dilakukan tindakan program bermain
peserta terapi bermain dapat mencapai tugas perkembangan secara optimal sesuai
tahap perkembangan walaupun dalam kondisi sakit.
2)
Tujuan Instruksional Khusus
Setelah dilakukan terapi selama 30 menit peserta
terapi bermain diharapkan mampu:
a. Melatih kerja sama mata dan tangan
b. Melatih kerja sama mata dan telinga
c. Melatih mengenal sumber suara
d. Melatih reflek-reflek terutama penglihatan
C.
KLASIFIKASI
a.
Anak usia 1 tahun
b.
Kesadaran composmentis
c.
Jenis kelamin laki-laki
d.
Bayi dalam kondisi yang
cukup baik
D.
KEGIATAN
NO
|
TAHAP
|
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
(MENIT)
|
METODE
|
ALAT PERAGA
|
EVALUASI
|
1.
|
Pembukaan
|
-
Memperkenalkan diri ke orang tua
-
Menyampaikan tujuan
-
Menjelaskan proses pelaksanaan
-
Mempersiapkan alat
|
10 menit
|
Ceramah
|
-
|
Orang tua
bersedia
|
2.
|
Inti
|
-
Meletakkan mainan di dekat bayi
-
Mencoba mengambil perhatian bayi menggunakan mainan
|
10 menit
|
Demonstrasi
|
Mainan bayi
yang bisa berbunyi
|
Bayi merespon
tindakan perawat dengan mencari sumber suara dan tangan meraih mainan
|
4
|
Penutup
|
-
Memberikan reward dan terima kasi kepada orang tua
-
Membereskan perlengkapan
-
Mencatat kegiatan dan hasilnya
|
10 menit
|
Ceramah
|
-
|
Orang tua
membalas ramah
|
E.
ORGANISASI
Leader : Renanda Nur’afika
Observer : Siti Nurus Sarifatun N
Novita Eka
Khamida
Fasilitator : Hardiyan Achmad
Rizki Sulistyawati
Titik Sundari
Uraian Tugas
Leader : Memimpin/memandu jalannya terapi bermain
Fasilitator :
Mendampingi peserta
Observer : Mengobservasi jalannya bermaun tentang ketepatan
waktu, ketepatan masing-masing peran.
F.
METODE
a. Ceramah
b. Demonstrasi
G.
MEDIA
Mainan anak yang dapat
berbunyi.
H.
EVALUASI
Anak dapat mengikuti permainan yang diberikan dari awal
sampai akhir dengan baik:
a. Anak diharapkan dapat mencari sumber bunyi dan menoleh
atau menggerakkan badan
b. Anak diharapkan dapat melihat permainan yang diberikan
I.
SUMBER PUSTAKA
LAMPIRAN :
MATERI
EVALUASI (SESUAI DOMAIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar