Sabtu, 10 November 2018

Essay "Perawat Bukan Pembantu Dokter"

Perawat Bukan Pembantu Dokter

            Banya hal yang masih salah kaprah dalam dunia kesehatan, misalnya anggapan masyarakat bahwa sorang perawat adalah pembantu dokter. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pekerjaan perawat yang sebenarnya membuat sebagian besar masyarakat masih merasa bahwa perawat adalah pekerjaan yang tugasnya membantu dokter dan sebagai bawahan atau asisten (Andika, 2016). Selain itu, Avis (2016) juga menyatakan “kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pekerjaan perawat yang sebenarnya membuat sebagian besar masyarakat masih merasa bahwa perawat adalah pekerjaan yang tugasnya membantu dokter dan sebagai bawahan atau asisten”. Jadi, mayoritas masyarakat memang menganggap perawat sebagai pembantu dokter.
            Telah lama profesi sebagai perawat luput dari perhatian, padahal dalam kehidupan nyata posisi perawat sangat penting. Sebagi contoh sederhana, banyak pelajar mulai SD sampai SMA jika ditanya perihal cita-cita mereka akan memilih untuk menjadi seorang dokter ketimbang perawat. Disini, profsi perawat dianggap kalah penting ketimbang profesi sebagai dokter, arsitek, atau insinyur.
          Di beberapa tempat umum seperti rumah sakit perawat kerap diasumsikan sebagai seseorang yang hanya menuruti perintah dokter. Bahkan dalam banyak kasus, orang sering kali mengganggap bahwa wewenang mengenai kondisi medis pasien terletak sepenuhnya pada dokter (Nurul, 2018). Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pekerjaan perawat yang sebenarnya membuat sebagian besar masyarakat masih merasa bahwa perawat adalah pekerjaan yang tugasnya membantu dokter dan sebagai bawahan atau asisten (Andika, 2016). Jadi kurangnya pengetahuan masyarakat tentang profesi perawat dan dokter mempengaruhi persepsi mereka tentang perawat.
Dalam tugasnya, dokter membantu mengobati pasien sedangkan perawat merawat dan memenuhi kebutuhan dasar pasien. Perawat berhubungan langsung dan lebih sering dengan pasien. Dalam praktek langsungnya, perawat membantu pasien dalam kegiatan seperti makan, minum, mandi, buang air kecil dan hal-hal mendasar kebutuhan pasien. Sepertinya, tugas keseharian perawat ini yang membentuk pandangan masyarakat bahwa perawat tak lebih dari seorang pembantu rumah tangga dalam hal kesehatan.
Perlu diketahui bahwa perawat adalah perawat. Sebuah profesi yang setara dengan profesi kesehatan yang lain termasuk dokter. Bukan pembantu melainkan sorang partner yang bekerjasama untuk kesembuhan pasien.
Seorang perawat juga menempuh pendidikan formal seperti dokter, perbedaannya hanya terletak pada materi yang dikaji. Sama dengan dokter, perawat pun juga bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang spesialis.


Note: Jika mengutip sertakan sumber yang jelas!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Askep Meningitis

CATATAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN IDENTITAS KLIEN                Nama (Initial)                            : Sdr. Sukir Umur    ...