Rabu, 05 Oktober 2016

MAKALAH BAHASA INDONESIA OBSERVASI SARANA & PRASARANA (KONDISI RUANG KELAS)


MAKALAH
BAHASA INDONESIA
OBSERVASI SARANA & PRASARANA
(KONDISI RUANG KELAS)








MADRASAH ALIYAH NEGERI NGAJUK
Karya : RENANDA NUR'AFIKA
ROHMATUL MAULIDA

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadiran  Allah SWT yang telah melimpahkan  rahmat dan hidayahnya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah  yang berjudul “Observasi sarana & prasarana di MAN NGANJUK Kelurahan Jatirejo Kabupaten Nganjuk ” dengan baik, lancar, dan tepat waktu.
makalaah ini berisikan informasi mengenai sarana & prasarana Di MAN NGANJUK
kelurahan nJatirejo kabupaten Nganjuk. Mulai dari jumlah ruangan, keterangan ruangan hingga keterrangan lainnya.
Proses penyelesaian penulisan makalah ini , tidak lepas bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak, oleh karena itu perkenankanlah kami mengucapkan terimakasih atas segala bantuan dan bimbingan moril maupun materil yang secara langsung maupun tidak langsung , yang tentunya membantu kami dalam menyelesaikan penulisan makalah ini., oleh karena itu dalam kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih kepada :
1.    Bapak Drs.Moh.Harisuddin, M.Ag, selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk
2.    IbuTitik Nurhayati,S.Pd yang telah membimbing dalam pembuatan makalah ini hingga selesai.
3.    Bapak/Ibu guru dan karyawan /wati MAN Nganjuk.
4.    Semua pihak yang mendukung dan membantu penyelesaian makalah ini.
Tak ada gading yang tak retak, tak ada pemikiran yang sempurna. kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Mohon maaf bilamana dalam penyusunan makalah ini masih ditemukan berbagai kekurangan untuk dibenahi.

Nganjuk, November 2014
Peneliti



Abstrak
Nur'afika, Renanda. 2014. Sarana & Prasarana pada Madrasah Aliyah Negri Nganjuk Kelurahan Jatirejo Kabupaten Nganjuk. Pembimbing Titik Nurhidayati S.Pd

Kata kunci  : Srana & Prasarana Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk
Sarana & Prasarana adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan.
Tujuan makalah ini adalah Mengetahui sarana danprasarana pada Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk yang ada di Kelurahan Jatirejo Kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada BULAN Mei 2014. Pengambilan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:observasi serta analisis data dengan memaparkan hasil observasi.
            Berdaarkan  penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut; 1) Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk memiliki beberapa sarana & prasarana sekolah.



BAB I
PENDAHULUAN
1.2  Latar Belakang
Sarana & Prasarana merupakan segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan.

1.2 Rumusan Masalah
Berapa jumlah Sarana & Prasarana pada Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk ?
Apa sajakah Sarana & Prasarana pada MAN Nganjuk  ?

1.3 Tujuan Penelitian
Mengetahui Sarana & Prasarana pada MAN Nganjuk.

1.4 Prosedur penyalesaian masalah


1.5 Sistematika & Pembahasan







BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.      Pengertian Sarasna & Prasarana
            Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,  ada beberapa penjelasan tentang Sarana & Prasarana.
Berikut ada beberapa pengertian sarana & prasarana :
Sarana menurut kamus bahasa indonesia adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan.
Prasarana menurut kamus besar bahasa indonesia adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usha, pembangunan, proyek, dan sebagainya

B.  Fungsi Sarana & Prasarana
            Adapun fungsi-fungsi sarana & prasarana di bawah ini menunjukkan betapa pentingnya keberadaan sarana & prasarana dalam suatu sekolah, yaitu :

1.  Untuk menempatkan siswa siswi pada tempat yang layak
2.  Untuk menambah wawasan
3.  Untuk memajukan sekolah













BAB III
METODE PENELITIAN

A.  Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilakukan di tempat Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk yang ada di kelurahan Jatirejo, kecamatan Loceret, kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada hari Jum’at ,tanggal 7  November 2014.

B.  Objek Penelitian
Objek dalam penelitian ini adalah sarana & prasaranayang ada di Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk kelurahan Jatirejo kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.

1.4  Prosedur Penelitian
Proses penelitian meliputi langkah-langkah sebagai berikut.
1.    Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan studi kepustakaan.
Dalam teknik ini, menjadikan hasil observasi, dan studi kepustakaan ada korelasi antara judul karya tulis dengan teori serta pelaksanaan penelitian itu sendiri.

2.    Teknik Analisis Data
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu metode analisis dengan memaparkan hasil penelitian (dari data observasi, dan studi kepustakaan) yang diperoleh.


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

2.1  Hasil Observasi
Observasi atau pengamatan dilakukan pada saat KBM tidak berlangsung. Pengamatan ini dilakukan pada sore hari pada saat anak anak sudah mulai pulang dari sekolah. Tujuan pengamatan ini adalah untuk:
a)  Mengetahui apa sajakah sarana & prasarana pada MAN Nganjuk
b)  Mengetahui tempat temapat sarana & prasarana di MAN Nganjuk



BAB III
PENUTUP

1.5  Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan;


1.6  Saran
Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan:




DAFTAR PUSTAKA

Kmus Bahasa Indonesia untuk pendidik dasar oleh Ponita Alya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Askep Meningitis

CATATAN ASUHAN KEPERAWATAN KLIEN IDENTITAS KLIEN                Nama (Initial)                            : Sdr. Sukir Umur    ...