MAKALAH
BAHASA INDONESIA
OBSERVASI SARANA & PRASARANA
(KONDISI RUANG KELAS)
MADRASAH ALIYAH NEGERI NGAJUK
Karya : RENANDA NUR'AFIKA
ROHMATUL MAULIDA
KATA PENGANTAR
Puji
syukur atas kehadiran Allah SWT yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya,
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul “Observasi sarana & prasarana di MAN NGANJUK Kelurahan
Jatirejo Kabupaten Nganjuk ” dengan baik, lancar, dan tepat waktu.
makalaah ini
berisikan informasi mengenai sarana & prasarana Di MAN NGANJUK
kelurahan
nJatirejo kabupaten Nganjuk. Mulai dari jumlah ruangan, keterangan ruangan
hingga keterrangan lainnya.
Proses
penyelesaian penulisan makalah ini , tidak lepas bantuan serta bimbingan dari
berbagai pihak, oleh karena itu perkenankanlah kami mengucapkan terimakasih
atas segala bantuan dan bimbingan moril maupun materil yang secara langsung
maupun tidak langsung , yang tentunya membantu kami dalam menyelesaikan
penulisan makalah ini., oleh karena itu dalam kesempatan ini kami menyampaikan
terimakasih kepada :
1.
Bapak
Drs.Moh.Harisuddin, M.Ag, selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk
2.
IbuTitik
Nurhayati,S.Pd yang telah membimbing dalam pembuatan makalah ini hingga
selesai.
3.
Bapak/Ibu
guru dan karyawan /wati MAN Nganjuk.
4.
Semua
pihak yang mendukung dan membantu penyelesaian makalah ini.
Tak ada gading
yang tak retak, tak ada pemikiran yang sempurna. kami menyadari bahwa makalah
ini masih jauh dari kesempurnaan. Mohon maaf bilamana dalam penyusunan makalah
ini masih ditemukan berbagai kekurangan untuk dibenahi.
Nganjuk, November 2014
Peneliti
Abstrak
Nur'afika, Renanda. 2014. Sarana & Prasarana pada Madrasah Aliyah Negri Nganjuk
Kelurahan Jatirejo Kabupaten Nganjuk. Pembimbing Titik Nurhidayati S.Pd
Kata kunci : Srana & Prasarana Madrasah ‘Aliyah
Negri Nganjuk
Sarana &
Prasarana adalah segala
sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan.
Tujuan
makalah ini adalah Mengetahui sarana danprasarana pada Madrasah ‘Aliyah Negri
Nganjuk.
Penelitian
ini dilakukan di Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk yang ada di Kelurahan Jatirejo
Kecamatan Loceret kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada BULAN Mei
2014. Pengambilan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu:observasi serta
analisis data dengan memaparkan hasil observasi.
Berdaarkan penelitian yang dilakukan diperoleh
kesimpulan sebagai berikut; 1) Madrasah
‘Aliyah Negri Nganjuk memiliki beberapa sarana & prasarana sekolah.
BAB I
PENDAHULUAN
1.2
Latar
Belakang
Sarana &
Prasarana merupakan segala
sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud atau tujuan.
1.2 Rumusan Masalah
Berapa jumlah Sarana & Prasarana pada Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk
?
Apa sajakah Sarana & Prasarana pada MAN Nganjuk ?
1.3 Tujuan Penelitian
Mengetahui Sarana & Prasarana pada MAN Nganjuk.
1.4 Prosedur penyalesaian masalah
1.5 Sistematika & Pembahasan
BAB II
KAJIAN
PUSTAKA
A.
Pengertian
Sarasna & Prasarana
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
ada beberapa penjelasan tentang Sarana & Prasarana.
Berikut ada beberapa pengertian sarana & prasarana
:
Sarana
menurut kamus bahasa indonesia adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam
mencapai maksud atau tujuan.
Prasarana
menurut kamus besar bahasa indonesia adalah segala sesuatu yang merupakan
penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usha, pembangunan, proyek, dan
sebagainya
B. Fungsi Sarana & Prasarana
Adapun fungsi-fungsi sarana &
prasarana di bawah ini menunjukkan betapa pentingnya keberadaan sarana &
prasarana dalam suatu sekolah, yaitu :
1. Untuk menempatkan siswa siswi pada tempat yang layak
2. Untuk menambah wawasan
3. Untuk memajukan sekolah
BAB III
METODE PENELITIAN
A.
Waktu
dan Tempat Penelitian
Penelitian ini
dilakukan di tempat Madrasah ‘Aliyah Negri Nganjuk yang ada di kelurahan
Jatirejo, kecamatan Loceret, kabupaten Nganjuk. Penelitian ini dilakukan pada
hari Jum’at ,tanggal 7 November 2014.
B.
Objek
Penelitian
Objek dalam
penelitian ini adalah sarana & prasaranayang ada di Madrasah ‘Aliyah Negri
Nganjuk kelurahan Jatirejo kecamatan Loceret, Kabupaten Nganjuk.
1.4
Prosedur
Penelitian
Proses
penelitian meliputi langkah-langkah sebagai berikut.
1.
Teknik
Pengumpulan Data
Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan
studi kepustakaan.
Dalam teknik
ini, menjadikan hasil observasi, dan studi kepustakaan ada korelasi antara
judul karya tulis dengan teori serta pelaksanaan penelitian itu sendiri.
2.
Teknik
Analisis Data
Analisis yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu metode
analisis dengan memaparkan hasil penelitian (dari data observasi, dan studi
kepustakaan) yang diperoleh.
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
2.1
Hasil
Observasi
Observasi atau
pengamatan dilakukan pada saat KBM tidak berlangsung. Pengamatan ini dilakukan
pada sore hari pada saat anak anak sudah mulai pulang dari sekolah. Tujuan
pengamatan ini adalah untuk:
a)
Mengetahui apa sajakah sarana & prasarana
pada MAN Nganjuk
b)
Mengetahui tempat temapat sarana &
prasarana di MAN Nganjuk
BAB III
PENUTUP
1.5
Kesimpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan;
1.6
Saran
Berdasarkan hasil-hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan:
DAFTAR
PUSTAKA
Kmus Bahasa
Indonesia untuk pendidik dasar oleh Ponita Alya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar